Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Bumi M4.0, Begini Dampak Kerusakan di Kabupaten Bogor

Sabtu, 09 Desember 2023 – 13:10 WIB
Gempa Bumi M4.0, Begini Dampak Kerusakan di Kabupaten Bogor - JPNN.COM
Iustrasi - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.0 yang berpusat di 6.73 LS dan 106.61 BT atau 25 kilometer (km) sebelah barat daya Kota Bogor pada kedalaman 5 km yang terjadi Jumat (8/12) dini hari. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.0 yang berpusat di 6.73 LS dan 106.61 BT atau 25 kilometer (km) sebelah barat daya Kota Bogor pada kedalaman 5 km yang terjadi Jumat (8/12) dini hari.

"Gempa itu berdampak pada kerusakan bangunan di wilayah Kabupaten Bogor hingga Sukabumi," Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (9/12).

Hasil kaji cepat sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Sabtu (9/12).

Kerusakan di wilayah Kabupaten Bogor meliputi Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan. Satu unit Musala Al-Istikomah juga mengalami kerusakan.

Warga Kampung Pada Jaya terpaksa harus mengungsi ke kampung sebelah yang berjarak 200 meter.

Total pengungsian ada sebanyak 11 KK/41 jiwa, termasuk satu orang ibu hamil dan dua balita.

Kemudian kerusakan di wilayah Kabupaten Sukabumi meliputi Kampung Pasirmasigit, Desa Cipeteuy di Kecamatan Kabandungan, yang mana ada 9 unit rumah rusak berat (RB), 28 unit rumah rusak sedang (RS) dan 37 Unit rumah rusak ringan (RR).

Selanjutnya di Desa Mekarjaya ada 1 unit rumah rusak berat (RB) dan berdampak pada 1 KK/6 jiwa, 1 unit rumah rusak sedang (RS) dan berdampak pada 1 KK/1 jiwa serta 14 unit rumah ringan (RR) berdampak pada 14 KK/48 jiwa. Total terdampak 16 KK/56 jiwa.

Total pengungsian ada sebanyak 11 KK/41 jiwa, termasuk satu orang ibu hamil dan dua balita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close