Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Bumi Mangnitudo 5,2 Guncang Jawa Barat, BMKG Berkomentar Begini

Kamis, 15 Agustus 2024 – 08:55 WIB
Gempa Bumi Mangnitudo 5,2 Guncang Jawa Barat, BMKG Berkomentar Begini - JPNN.COM
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara mengenai gempa bumi yang menguncang sejumlah daerah di Jawa Barat . Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara mengenai gempa bumi yang menguncang sejumlah daerah di Jawa Barat pada Kamis (15/8) pukul 00.55 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa bumi itu terjadi akibat adanya aktivitas lempeng Eurasia.

"Gempa dangkal akibat adanya aktivitas penyesaran di lempeng Eurasia atau intraplate earthquake," kata Daryono di Jakarta, Kamis.

Gempa berkekuatan mangnitudo 5,2 tersebut terjadi pada Kamis dini hari.

BMKG kemudian kembali mendeteksi adanya satu aktivitas gempa bumi susulan yang berkekuatan 3,5 magnitudo pada pukul 01.30 WIB.

Titik episentrum gempa terdeteksi berada di laut dengan koordinat 7,70° LS ; 106,08° BT, atau pada jarak 95 kilometer arah barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang berkedalaman 25 kilometer.

Getaran gempa dirasakan beberapa saat di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Kabupaten Bandung dengan skala intensitas III MMI.

Kemudian, Kota Bogor dan Garut dengan skala intensitas II MMI.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara mengenai gempa bumi yang menguncang sejumlah daerah di Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA