Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa M 5,5 Pangandaran, 2 Bangunan di Tasikmalaya Rusak

Kamis, 28 Desember 2023 – 19:44 WIB
Gempa M 5,5 Pangandaran, 2 Bangunan di Tasikmalaya Rusak - JPNN.COM
Warga melihat kondisi bangunan Kantor Urusan Agama Cipatujah rusak akibat diguncang gempa bumi di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/12/2023). (ANTARA/HO-Tagana Tasikmalaya)

jpnn.com - TASIKMALAYA - Gempa bumi bermagnitudo 5,5 terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Guncangan gempa M 5,5 yang berpusat di Pangandaran itu merusak bangunan Kantor Urusan Agama (KUA) Cipatujah dan rumah warga di Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya membenarkan informasi ada dua bangunan yang sementara dilaporkan rusak akibat gempa itu. "Kerusakan paling parah dialami oleh bangunan gedung KUA Cipatujah," kata Jembar, Kamis (28/12).

Selain KUA Cipatujah, dilaporkan juga bangunan rumah warga di Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, yang bagian dindingnya roboh saat terjadi gempa.

"Kami juga menerima laporan sebuah rumah dindingnya roboh di Salawu," ungkapnya.

Dia menambahkan setelah mendapatkan informasi ada kerusakan akibat gempa bumi, jajarannya langsung menuju lokasi kejadian untuk membantu warga yang terdampak. "Anggota kami sudah meluncur ke lokasi," katanya.

Kepala Polsek Cipatujah Iptu Tono Suherman menyatakan bangunan KUA yang rusak, yakni bagian atap dari rangka baja ringan yang ambruk, begitu juga bagian dinding tembok retak-retak.

Bangunan roboh itu tidak menimbulkan korban jiwa. "Kantor KUA Cipatujah ambruk, barang-barang rusak tertimpa, untungnya tidak ada korban jiwa," kata Tono.

Laporan resmi dari www.bmkg.go.id menyebutkan gempa tektonik berkekuatan magnitdo 5,5 terjadi di selatan Jawa Barat, Kamis, pukul 05.43 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa M 5,5 terjadi di Pangandaran, Jabar. Guncangan gempa itu juga merusak gedung KUA dan rumah warga di Tasikmalaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close