Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa M 6,4 di Selatan Jawa, 1 Warga Bantul Meninggal Dunia

Sabtu, 01 Juli 2023 – 01:16 WIB
Gempa M 6,4 di Selatan Jawa, 1 Warga Bantul Meninggal Dunia - JPNN.COM
Peta sebaran guncangan gempa bumi Magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, Yogyakarta, Jumat (30/6/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Satu warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meninggal dunia akibat gempa bumi bermagnitudo 6,4 yang terjadi di selatan Jawa, Jumat (30/6)  malam. Sementara, satu warga di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, luka ringan.

"Berdasarkan informasi terkini, satu warga meninggal dunia dan satu lainnya luka ringan di Kabupaten Bantul,  sedangkan di Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng, satu warganya luka ringan," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta.

Abdul mengatakan laporan tersebut berdasarkan perkembangan informasi pukul 23.00 WIB.

Menurut dia, BNPB terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terdampak di wilayah DIY, Provinsi Jateng dan Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"BPBD Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah melaporkan 11 KK warganya terdampak, 1 KK (2 jiwa) di antaranya mengungsi, sedangkan di Kabupaten Purbalingga 4 KK (15 jiwa) terdampak. Petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan," ungkapnya.

Abdul mengatakan total rumah rusak sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang.

Petugas masih terus mendata jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jateng dan Jatim.

Perincian rumah rusak di beberapa wilayah, sebagai berikut, sebaran di Provinsi Jateng, yaitu di Kabupaten Kebumen, rumah rusak ringan 8 unit dan rusak sedang 2 unit.

Satu warga Kabupaten Bantul, DIY, meninggal dunia akibat gempa bumi M 6,4 yang terjadi di selatan Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close