Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Genjot Ekonomi Warga Pesisir, GP Takalar Beri Pelatihan Mengolah Rumput Laut Jadi Produk Bernilai

Minggu, 18 Juni 2023 – 21:18 WIB
Genjot Ekonomi Warga Pesisir, GP Takalar Beri Pelatihan Mengolah Rumput Laut Jadi Produk Bernilai - JPNN.COM
Sukarelawan Ganjar Pranowo, Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar mengajak ibu-ibu memaksimalkan potensi komoditas rumput laut untuk diolah menjadi camilan enak nan menyehatkan serta bernilai ekonomis. Foto: Dok GP Takalar

jpnn.com, TAKALAR - Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar terus melakukan kegiatan positif yang memacu roda perekonomian masyarakat.

Salah satunya dengan mengajak ibu-ibu memaksimalkan potensi komoditas rumput laut untuk diolah menjadi camilan enak nan menyehatkan serta bernilai ekonomis.

Seperti mengolah rumput laut menjadi produk kerupuk stik. Kegiatan ini digelar di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/6).

Perwakilan Koordinator GP Takalar, Daeng Bella mengatakan Desa Ujung Baji dikenal sebagai kawasan penghasil rumput laut karena letaknya yang strategis di pesisir laut. Bahkan, masyarakat setempat juga membudidayakan rumput laut di tambak.

"Karena mata pencaharian di Desa Ujung Baji adalah rata-rata petani rumput laut. Rata-rata orang bertani rumput laut itu hanya sebatas setelah panen dijual. Dia tidak mengolah sedemikian mungkin untuk bagaimana bisa menjadi olahan yang lebih baik," ucap dia.

Kerupuk stik ini dibuat dari perpaduan rumput laut, tepung terigu, gula, garam, daun jeruk, keju, telur, dan masih banyak lagi. Kemudian adonan diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan tekstur yang renyah dan enak.

Rumput laut sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, di antaranya menjaga fungsi tiroid, sumber vitamin dan mineral, sebagai antioksidan,menekan risiko penyakit jantung, mengurangi lemak dalam tubuh dan lain-lain.

Pria yang akrab disapa Ibel berharap, adanya pelatihan ini mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang masih bingung bagaimana cara mengolah rumput laut. Dengan begitu, perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat.

Sukarelawan pendukung Ganjar yang tergabung dalam Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar terus melakukan kegiatan positif yang memacu roda perekonomian masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close