Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerbang Pancasila Gedung DPR RI Dirobohkan Massa Penolak RUU Pilkada, Dasco Gerindra Dicari Mahasiswa

Kamis, 22 Agustus 2024 – 16:34 WIB
Gerbang Pancasila Gedung DPR RI Dirobohkan Massa Penolak RUU Pilkada, Dasco Gerindra Dicari Mahasiswa - JPNN.COM
Mahasiswa berdemonstrasi di depan Gerbang Pancasila, Kompleks Parlemen, Jalan Gelora, Jakarta, Kamis (22/8). Aristo/JPNN.com

jpnn.com - Ribuan mahasiswa berdemonstrasi di depan Gerbang Pancasila, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jalan Gelora, Jakarta, Kamis (22/8) dengan satu di antara tuntutan menolak disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada.

Massa dalam aksinya bahkan sampai merobohkan pintu Gerbang Pancasila karena ingin memasuki area DPR untuk menyampaikan aspirasi menolak RUU Pilkada.

"Kami sudah berhasil merobohkan pagar Anda ini. Izinkan kami untuk masuk. Izinkan kami membatalkan RUU Pilkada yang menciderai konstitusi," kata seorang massa di lokasi, Kamis.

Hanya saja, massa tidak bisa memasuki area dalam Kompleks Parlemen karena polisi membuat barier untuk menghalangi mahasiswa masuk.

Massa kemudian meminta polisi untuk memanggil Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad agar mau mendengar aspirasi ribuan mahasiswa.

"Bapak polisi, kalau tidak mau ribet, panggil Sufmi Dasco. Panggil Sufmi Dasco," tantang seorang mahasiswa dalam orasinya.

Selain membatalkan RUU Pilkada, mahasiswa juga meminta DPR untuk tidak melanjutkan pengesahan RUU TNI dan Polri.

"Hari ini Jokowi (Presiden RI Joko Widodo, red) menunjukkan rezim otoriter," ujarnya.

Ribuan massa yang berdemonstrasi merobohkan Gerbang Pancasila Gedung DPR RI di Jalan Gelora, Jakarta, Kamis (22/8). Mahasiswa sempat cari Dasco Gerindra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA