Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerebeg Besar untuk Rakyat Jogja

Kamis, 23 Agustus 2018 – 19:00 WIB
Gerebeg Besar untuk Rakyat Jogja - JPNN.COM
Meriahnya sedekah Raja Jogjakarta. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, JOGJA - Keraton Jogjakarta menggelar hajat dalem Gerebeg Besar tahun Dal bersamaan dengan Idul Adha 1439 Hijriah kemarin (22/8). Sama dengan gerebeg lainnya, saat gerebeg besar ini Raja Keraton Jogjakarta Hamengku Bawono (HB) Kaping 10 kembali mengeluarkan tujuh gunungan. 

Lima gunungan dibawa ke halaman Masjid Gede Kauman. Yakni Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Gepak, Gunungan Darat dan Gunungan Pawuhan. 

Kemudian masing-masing satu Gunungan Kakung dibawa ke Pura Pakualaman dan Kepatihan. Bersamaan dengan Idul Kurban, Raja Keraton Jogjakarta juga menyerahkan sapi dan kambing ke Masjid Kagungan Dalem Kauman.

Seperti sudah diperkirakan, masyarakat langsung menyerbu begitu Penghulu Keraton Jogja selesai membacakan doa. Hanya dalam hitungan menit empat gunungan di halaman Masjid Gede Kauman habis diperebutkan. Sedangkan Gunungan Gepak hanya diperebutkan oleh abdi dalem Keraton Jogja.

Lima gunungan dibawa ke halaman Masjid Gede Kauman. Yakni Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Gepak, Gunungan Darat dan Gunungan Pawuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close