Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerhana Bulan Penumbra, Warga Jakarta Harus Waspada Bencana

Jumat, 10 Januari 2020 – 06:06 WIB
Gerhana Bulan Penumbra, Warga Jakarta Harus Waspada Bencana - JPNN.COM
Banjir. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) memperkirakan gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada Sabtu (11/1) tidak hanya membuat bulan tertutup bayangan penumbra bumi.

Namun juga terdapat kemungkinan pasang air laut yang dapat menyebabkan banjir rob.

"Pasang maksimum biasa terjadi kurang lebih 2 hari dari saat purnama atau gerhana. Jadi berpotensi terjadi banjir rob di pantai. Kejadiannya dua kali sehari, pagi dan petang," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin ketika dihubungi di Jakarta pada Kamis (9/1).

Pasang surut air laut disebabkan oleh pengaruh gravitasi matahari dan bulan. Gravitasi bulan bisa menyebabkan pasang laut purnama ketika Bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus yang membuat pasang naik yang tinggi dan surut yang rendah.

Kejadian itu terjadi ketika terjadi bulan baru dan bulan purnama.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi pasang naik air laut maksimum di Teluk Jakarta terjadi pada periode 9-12 Januari 2020.

Ketinggian maksimal yang bisa dicapai pasang naik itu bisa mencapai 0,6 meter yang berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.

Gerhana bulan penumbra diperkirakan akan dimulai pukul 00.05 WIB dengan puncaknya terjadi pada pukul 02.10 WIB dan berakhir pukul 04.14 WIB.

Terkait gerhana bulan penumbra, warga Jakarta dan sekitarnya harus terus waspada terhadap potensi terjadinya bencana banjir di beberapa hari mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close