Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Pantai Losari Makassar

Kamis, 26 Desember 2019 – 12:54 WIB
Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Pantai Losari Makassar - JPNN.COM
Sejumlah tim BMKG wilayah Makassar memantau pergerakan proses gerhana matahari cincin di pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/12). Foto: Antara/Darwin Fatir.

jpnn.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaksanakan pengamatan fenomena proses gerhana matahari cincin di anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Gerhana matahari cincin itu akan terjadi pada pukul 12.25 Wita dan puncak gerhana 14.14 Wita dan berakhir pada pukul 15.45 Wita.

"Jadi hari ini diperkirakan akan terjadi gerhana cincin. Akan kelihatan matahari di pinggirannya," ujar Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan di sela pemantauan di anjungan Pantai Losari Makassar.

Dia mengatakan pengamatan di tempat tersebut untuk memverifikasi serta membuktikan hasil perhitungan dengan kenyataannya.

"Apakah benar jam segitu, gerhana ini akan melintasi langit Makassar. Nanti kita akan buktikan sendiri. Fenomena ini terjadi 10 tahun Sekali. Yang terakhir terjadi tahun 2009," ucapnya kepada awal media.

Menurutnya, gerhana ini tidak memiliki efek terhadap fenomena alam lainnya. Namun, bila disaksikan dengan mata telanjang maka akan merusak retina mata dan bisa menyebabkan kebutaan. 

"Bila ingin melihat gerhana, jangan menggunakan mata telanjang, jangan menggunakan kacamata biasa, ada kacamata khusus. Kalau kita pakai teropong, dan teropong ini menggunakan filter juga sebab harus ada filter untuk melihat prosesnya," beber Darmawan.

Salah seorang pengunjung di Pantai Losari, asal Gresik, Jawa Timur, Wiwik Rahayu, mengatakan sengaja datang ke lokasi itu untuk melihat secara langsung proses gerhana matahari cincin tersebut.

Fenomena alam gerhana matahari terjadi pada 10 tahun sekali dan terakhir terjadi pada 2009 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close