Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerhana Matahari Cincin Bonus Libur Imlek

Selasa, 27 Januari 2009 – 09:41 WIB
Gerhana Matahari Cincin Bonus Libur Imlek - JPNN.COM
GERHANA- Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin Di Samarinda Senin (26/1). Foto : ADITAMA/KALTIM POST
JAKARTA – Tuhan memberikan karunia fenomena astronomi yang jarang terjadi bagi sebagian warga Indonesia Senin sore (26/1). Saat menikmati hari libur tahun baru Imlek, masyarakat disuguhi bonus istimewa yang tidak akan muncul setiap saat, yakni gerhana matahari cincin.

Selain Papua, peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan itu bisa dilihat di seluruh Indonesia. Namun, gerhana cincin bisa dilihat sempurna di wilayah Tanjung Karang, Lampung, dan Anyer, Banten.

Proses gerhana terjadi pukul 15.21–17.50 WIB dan mencapai puncaknya pukul 16.41. Dengan demikian, gerhana matahari cincin kemarin terjadi sekitar dua jam 20 menit.

Indo Pos (Jawa Pos Group) melaporkan, di Jakarta, ratusan pengunjung menggunakan kacamata filter melihat gerhana matahari di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Masyarakat Bandung dan sekitarnya antusias menyaksikan gerhana matahari cincin di Observatorium Bosscha, Lembang.

Koordinator Pengamatan Observatorium Bosscha Muhammad Irfan menyatakan, pemandangan indah terlihat ketika matahari dimasuki penumbra bulan. Pemandangan semakin elok karena sebelum gerhana sempurna, awan menyelimuti pinggiran matahari.

JAKARTA – Tuhan memberikan karunia fenomena astronomi yang jarang terjadi bagi sebagian warga Indonesia Senin sore (26/1). Saat menikmati hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA