Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerindra Galang Koalisi Partai Tengah

Rabu, 07 Juni 2017 – 00:27 WIB
Gerindra Galang Koalisi Partai Tengah - JPNN.COM
Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Foto/Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, SURABAYA - Partai Gerindra akan menggalang pembentukan koalisi partai tengah untuk menghadapi Pilgub Jatim 2018.

Melihat sisa kursi partai yang tersisa, ada 48 kursi. Di antaranya Gerindra 13 kursi, PKS 6 kursi, PPP 5 kursi, PAN 7 kursi, Partai Golkar 11 kursi, dan Hanura-Nasdem 6 kursi.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengatakan, pilkada saat ini masih kurang setahun lagi.

Jarak waktu tersebut, masih membuka peluang terbentuknya poros partai tengah. Dia optimistis partai kecil tak akan terpengaruh.

"Komunikasi masih terus dilakukan antarpartai. Biarlah yang besar bergerak lebih dulu. Kami masih mempertimbangkan momen yang pas," ujar Anwar Sadad, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Seperti diketahui, saat ini ada tiga partai yang memberikan isyarat dukungannya kepada Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Di antaranya DPW PKB, DPD Partai Demokrat dan DPD PDI Perjuangan.

Jika ditotal dan ketiganya mendeklarasikan dukungannya kepada Gus Ipul, maka jumlah kursi di DPRD Jatim yang akan mendukung adalah 52 kursi.

Rinciannya, PKB 20 kursi, PDIP 19 kursi dan Demokrat 14 kursi. Ini berarti tinggal 48 kursi, jumlah tersebut cukup untuk mengusung calon gubernur (cagub).

Partai Gerindra akan menggalang pembentukan koalisi partai tengah untuk menghadapi Pilgub Jatim 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close