Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Getol Mengkritik Pemerintah di Facebook, Guru Musik Dihukum 11 Tahun Penjara

Minggu, 17 November 2019 – 09:57 WIB
Getol Mengkritik Pemerintah di Facebook, Guru Musik Dihukum 11 Tahun Penjara - JPNN.COM
Ilustrasi penjara. Foto: Pixabay

jpnn.com, HANOI - Seorang guru musik di Vietnam dijebloskan ke penjara karena mengkritik pemerintah di Facebook. Tidak tanggung-tanggung, pengadilan menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara bagi pria kritis tersebut.

Pemerintah komunis Vietnam sudah sejak lama getol memenjarakan para pengkritiknya. Namun, praktik tersebut belakangan menuai banyak kecaman lantaran menarget pengguna Facebook.

Nguyen Nang Tinh adalah korban terbaru dari sikap antikritik pemerintah Vietnam. Guru 42 tahun itu memang rajin menulis kritik di Facebook, mulai soal kekerasan aparat, hak agraria, sampai pencemaran laut oleh perusahaan baja asal Taiwan yang telah membunuh ikan-ikan di perairan Vietnam.

Otoritas setempat menuding Tinh menyebarkan materi bermuatan anti-pemerintah. Pengadilan akhirnya menyatakan Tinh terbukti bersalah merendahkan pemerintah dan menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara dengan 5 tahun masa percobaan kepadanya.

"Hukuman itu terlalu keras. Jaksa sebenarnya tidak punya cukup bukti," ujar pengacara Tinh, Nguyen Van Mieng kepada AFP, Jumat (15/11).

Ayah Tinh, Nguyen Ngoc Dinh bersikeras anaknya tidak melakukan kesalahan apa-apa. Menurut dia, sang anak hanya angkat suara terhadap ketidakadilan yang ada di masyarakat. (AFP/dil/jpnn)

Seorang guru musik di Vietnam dijebloskan ke penjara karena mengkritik pemerintah di Facebook. Tidak tanggung-tanggung, pengadilan menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara bagi pria kritis tersebut.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close