Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Gibran Dipersiapkan Jokowi untuk Pilpres 2024? Simak Pendapat Bang Hendri

Senin, 27 Juli 2020 – 11:48 WIB
Gibran Dipersiapkan Jokowi untuk Pilpres 2024? Simak Pendapat Bang Hendri - JPNN.COM
Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming bersama Puan Maharani di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka yang diusung PDI Perjuangan sebagai calon wali kota Solo, diprediksi tidak dipersiapkan oleh Presiden Jokowi untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Kemungkinan Gibran digadang sebagai capres di Pilpres 2029.

Analisis ini disampaikan pengamat politik Hendri Satrio, saat berbincang dengan jpnn.com, Senin (27/7), mengenai kemungkinan Gibran dipersiapkan sebagai penerus Jokowi di Pilpres 2024.

Bila Gibran dianggap ingin mengikuti jejak Jokowi yang memulai karier politik sebagai wali kota sebelum menjadi presiden, maka ada beberapa alasan yang perlu diperhatikan.

"Ada beberapa alasan ya. Jokowi itu sebelum presiden dia wali kota Solo dua periode. Walaupun tidak selesai periode kedua, tapi beliau lanjut jadi gubernur Jakarta," ucap Hendri.

Pendiri KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) memandang, masih terlalu dini bila Gibran nantinya dipaksakan untuk maju di Pilpres 2024.

"Kalau Jokowi mau mempersiapkan Gibran untuk maju ke nasional, itu paling cepat 2029. Paling cepat. Itu yang menurut saya normalnya. Tetapi kalau mau dipaksakan, kita enggak pernah tahu," lanjut pengajar di Universitas Paramadina ini.

Hendri justru menilai langkah Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri paling bagus dalam hal kaderisasi.

loading...