Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Giliran Ankara Berlagak Korban, Turki Klaim Warganya di AS dan Eropa Dalam Bahaya

Minggu, 29 Januari 2023 – 19:35 WIB
Giliran Ankara Berlagak Korban, Turki Klaim Warganya di AS dan Eropa Dalam Bahaya - JPNN.COM
Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto: Presidential Press Office/Handout via REUTERS

jpnn.com, ANKARA - Playing victim alias berlagak korban jadi strategi pilihan Turki dan Swedia dalam konflik mereka yang terus memanas dan menyeret makin banyak pihak.

Sehari setelah Swedia memperingatkan warganya di Turki untuk menjauhi kerumunan, Ankara membalas dengan mengeluarkan travel advisories berisi peringatan sejenis bagi warganya di Eropa dan Amerika Serikat.

Kemarin, Sabtu (28/1), Turki memperingatkan warganya akan kemungkinan serangan Islamofobia, xenofobia, dan rasisme di negara-negara Barat.

"Tetap bertindak tenang dalam menghadapi kemungkinan pelecehan dan serangan xenofobia dan rasis dan menjauh dari area di mana demonstrasi dapat meningkat," tulis Kementerian Luar Negeri Turki dalam peringatan perjalanan tersebut.

Kementerian mengklaim baru-baru ini telah terjadi peningkatan aksi anti-Islam dan rasisme yang mencerminkan dimensi berbahaya dari intoleransi dan kebencian agama di Eropa.

Beberapa kedutaan besar di Ankara termasuk Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan Italia pada hari Jumat mengeluarkan peringatan keamanan untuk warganya di Turki yang menandai "kemungkinan serangan balasan oleh teroris terhadap tempat ibadah."

Kementerian luar negeri Swedia juga menyarankan warganya di Turki untuk menghindari keramaian dan demonstrasi.

Berawal dari keinginan Swedia jadi anggota NATO yang coba dimanfaatkan Turki untuk memuluskan kepentingan politiknya, perseteruan kedua negara itu akhirnya menyeret pihak-pihak tak berkepentingan setelah politikus sayap kanan asal Denmark membakar Al-Qur'an dalam unjuk rasa di Stockholm pekan lalu.

Makin banyak pihak yang sebenarnya tak berkepentingan ikut terseret dalam perseteruan Turki versus Swedia

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close