Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

GKSB DPR Dorong Pemerintah Galang Dukungan Politik & Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Senin, 17 Mei 2021 – 16:51 WIB
GKSB DPR Dorong Pemerintah Galang Dukungan Politik & Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina - JPNN.COM
Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup Kerja sama Bilateral (GKSB) parlemen Indonesia dan Palestina menyoroti konflik berdarah antara Israel dan Palestina di Tepi Barat dalam sepekan terakhir.

GKSB DPR menilai sikap dunia internasional merespons konflik tersebut belum sepenuhnya menawarkan solusi jangka pendek dan panjang untuk Palestina.

Ketua GKSB Syahrul Aidi Maazat mengatakan Indonesia sebagai negara muslim terbesar dunia memiliki peran besar menggalang dukungan internasional baik secara politik, ekonomi bahkan bantuan kemanusiaan.

"Saat ini Palestina sangat berharap peran Indonesia di dunia internasional. Terutama soal politik," kata Syahrul dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/5).

Jika resolusi PBB tidak dapat dikawal karena tekanan Amerika Serikat yang kuat, katanya, maka Indonesia dapat berperan di luar itu.

"Seperti di negara G-20, OKI, ASEAN atau hubungan bilateral dengan negara muslim atau negara yang prihatin," ujar Syahrul Aidi yang juga anggota Komisi V DPR RI ini.

Dia menilai bahwa Israel harus ditekan dari semua sisi. Tidak bisa hanya mengandalkan peran PBB semata.

Syahrul juga memandang bahwa dalam jangka pendek Indonesia dapat mendorong bantuan kemanusiaan dari dunia internasional untuk mitigasi pascakonflik. West bank, katanya, ibaratnya saat ini penjara besar yang dikepung Israel dari segala sisi.

GKSB juga mendorong pemerintahan Jokowi dapat mengalokasikan anggaran khusus untuk bantuan kemanusiaan bagi Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close