Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

GM AP I Manado Didesak Mundur

Sabtu, 17 April 2010 – 17:26 WIB
GM AP I Manado Didesak Mundur - JPNN.COM
JAKARTA--Kacaunya penerbangan di Bandara Sam Ratulagi Manado yang terjadi Kamis (15/4) merupakan kelalaian pihak PT Angkasa Pura (PT AP) I. Sebagai operator, seharusnya AP I minta sistem navigasinya dikalibrasi sebelum jatuh tempo.

"Saya sudah menanyakan masalah ini ke Dirjen Perhubungan Udara. Sesuai data mereka, sistem navigasi di Bandara Samrat seharusnya sudah dikalibrasi karena sudah lewat jatuh tempo," kata Ketua Komisi V DPR RI Yasti Suprejo Mokoagow kepada JPNN, Sabtu (17/4).

Sistem kalibrasi dilakukan pada alat navigasi semua bandara minimal setiap enam bulan sekali dan maksiml satu tahun sekali. Hal ini untuk menjaga keamanan saat penerbangan. "Kejadian ini terjadi karena kelalaian General Manager Angkasa Pura. Seharusnya 10 hari sebelum jatuh tempo sudah mengajukan permohonan kalibrasi. Sebab untuk kalibrasi ini menggunakan pesawat khusus yang melayani semua bandara," tutur Yasti.

Kesalahan AP I semakin fatal karena GM justru mengeluarkan notam atau peringatan pada pilot bahwa alat navigasinya belum dikalibrasi. Dalam keadaan cuaca cerah, pilot akan berani mendaratkan pesawatnya, sedangkan di cuaca buruk, pilot akan memilih landing di bandara terdekat. GM PAP I Manado saat ini dijabat Hery Sidako.

JAKARTA--Kacaunya penerbangan di Bandara Sam Ratulagi Manado yang terjadi Kamis (15/4) merupakan kelalaian pihak PT Angkasa Pura (PT AP) I. Sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA