Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Golkar Berjaya di Tawau Malaysia

Kamis, 10 April 2014 – 23:32 WIB
Golkar Berjaya di Tawau Malaysia - JPNN.COM
==== Penghitungan suara di Tawau, Malaysia, Rabu (9/4). Anggota Polri yang di-BKO-kan di Tawau mengamankan proses penghitungan. Foto: Dokumentasi PPLN Tawau.

jpnn.com - JAKARTA - Partai Golkar berjaya di daerah Tawau, Malaysia. Dari penghitungan suara di 9 tempat pemungutan suara, suara partai berlambang beringin meraih 1.069 suara. Disusul PDIP 677 suara. Urutan ketiga Partai NasDem 675 suara. Raihan 225 suara mengantarkan Partai Demokrat di posisi keempat.

“Dari total surat suara yang diterima dari 9 TPS berjumlah 4.889, total yang sah 3.245 suara, tidak sah 128 suara, tidak terpakai 1.513 suara," sebut Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Rofi'i melalui keterangan tertulis kepada JPNN, Kamis (10/4).

Selain pengawas Pemilu, turut menyaksikan proses penghitungan suara yang berakhir hingga jam 22.00, Kepala Konsulat RI Tawau Muhammad Soleh. Hadir juga saksi dari PDIP, NasDem, dan Demokrat.

"Kami memakai ruangan pelayanan keimigrasian Konsulat RI Tawau. Kami sulap menjadi ruangan yang dipenuhi papan penghitungan untuk masing-masing TPS serta berbagai alat tulis untuk menghitung seluruh hasil kotak suara di 9 TPS tersebut,” terangnya.

Rofi'i memastikan penghitungan suara dilaksanakan sesuai prosedur. Diawali memerifikasi jumlah surat suara, yaitu berapa yang telah digunakan dan berapa yang masih tersisa. Jadi, seluruh surat suara yang tersisa dicatat dan dicoret pada masing-masing kertas suara.

"Ini untuk menghindari berbagai kecurangan yang dikhawatirkan dapat terjadi," tegas Rofi'i.

Kepala Konsulat RI Tawau Muhammad Soleh menambahkan, untuk penghitungan suara yang di ladang-ladang dan perusahaan yang menggunakan lewat pos/drop box, sesuai arahan dan petunjuk dari KPU, batas terakhir penghitungan suara  15 April.

"Diperkirakan, kurang lebih 30 ribu suara sudah masuk pada 11 April. Jadi hari Jumat (11/4), kita akan mulai hitung suara hasil pencoblosan di ladang-ladang dan perusahaan sawit,” jelas Soleh.(ags/ris/jpnn)

JAKARTA - Partai Golkar berjaya di daerah Tawau, Malaysia. Dari penghitungan suara di 9 tempat pemungutan suara, suara partai berlambang beringin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close