Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Golkar-PDIP Bentuk Koalisi Besar

Selasa, 28 April 2009 – 21:55 WIB
Golkar-PDIP Bentuk Koalisi Besar - JPNN.COM
JAKARTA - Peta politik nasional tampaknya bakal menemukan arah baru yang mengarah pada pembentukan sebuah koalisi besar. Koalisi yang disebut-sebut sebagai kelompok orang "terzalimi" ini, akan diperkuat Golkar, PDIP, PAN, PPP, Hanura dan Gerindra.

Hal ini menjadi salah satu kesepakatan yang dirumuskan dalam pertemuan tim 6 Golkar dan tim 6 PDIP, di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (27/4). "Tapi ini sifatnya memang masih rumusan dan belum final. Hasil pertemuan akan dilaporkan selanjutnya kepada masing-masing ketua umum," terang Sekjen DPP Golkar Sumarsono, didampingi Sekjen PDIP Pramono Anung, usai pertemuan itu.

Partai Golkar dan PDIP memang berharap bisa membangun koalisi dan mengintensifkan pembicaraan paska diceraikannya Golkar oleh Demokrat. Tim 6 Golkar terdiri atas Ketua Dewan Penasihat Surya Paloh, Sekjen DPP Sumarsono, Ketua DPP Syamsul Muarif, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Andi Mattalatta, Wasekjen DPP Simon Patrice Mauren, serta Yuniwati. Sementara tim 6 PDIP melibatkan Ketua Bappilu PDIP Tjahjo Kumolo, fungsionaris DPP PDIP Sabam Sirait, Sekjen Pramono Anung, Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan PDIP Puan Maharani, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) DPP Taufiek Kiemas, dan Ketua Bapilpres PDIP Theo Syafei.

Di tempat terpisah, Ketua Umum DPP Golkar Jusuf Kalla (JK) memastikan bahwa internal Partai Golkar saat ini tetap solid, demi mewujudkan amanat Rapimnasus untuk mengusung capres pada pilpres mendatang. Menurut JK, tidak ada perbedaan keinginan antara DPP dan DPD I, karena semuanya tetap tunduk kepada aturan yang sudah ditetapkan partai.

JAKARTA - Peta politik nasional tampaknya bakal menemukan arah baru yang mengarah pada pembentukan sebuah koalisi besar. Koalisi yang disebut-sebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA