Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Google Berangus 600 Aplikasi Android Membawa Iklan Pengganggu

Jumat, 21 Februari 2020 – 15:27 WIB
Google Berangus 600 Aplikasi Android Membawa Iklan Pengganggu - JPNN.COM
Ilustrasi Google Play Store. Foto : Yahoo

jpnn.com - Google telah menghapus hampir 600 aplikasi Android di Play Store. Aplikasi dianggap telah mengendalikan penipuan iklan di ponsel.

Kebijakan Google tidak mengizinkan iklan tampil ketika aplikasi tidak digunakan atau mengelabui pengguna untuk mengklik iklan secara tidak sengaja.

Dikutip dari The Verge, Jumat, Google mengatakan aplikasi membawa iklan yang ditampilkan kepada pengguna dengan cara yang tidak terduga, termasuk merusak atau mengganggu kegunaan fungsi perangkat.

"Misalnya, iklan yang muncul memenuhi layar selama panggilan telepon atau saat menggunakan aplikasi navigasi," Senior Product Manager Ad Traffic Quality Google, Per Bjorke.

Bjorke melanjutkan, Google telah mengembangkan sistem untuk membantu mendeteksi iklan di luar konteks aplikasi.

"Pengembang jahat terus menjadi lebih cerdas dalam menyebarkan dan menutupi iklan yang mengganggu, tetapi kami telah mengembangkan teknologi baru kami sendiri untuk melindungi pengguna dari perilaku itu," kata Bjorke.

Menurut laporan BuzzFeed News, sebagian besar aplikasi yang ditemukan melanggar aturan tersebut dibuat oleh pengembang yang berbasis di Tiongkok, India, dan Singapura, dan mayoritas ditujukan untuk pengguna yang berbahasa Inggris.

Menurut Bjorke, pengembang yang melanggar aturan tersebut telah menggunakan teknik serupa untuk menghindari deteksi, tetapi dia tidak mengetahui apakah hal itu merupakan upaya yang terkoordinasi.

Google telah menghapus hampir 600 aplikasi Android di Play Store. Aplikasi dianggap telah mengendalikan penipuan iklan di ponsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close