Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Google Translate Mendapat Dukungan 110 Bahasa Baru

Jumat, 28 Juni 2024 – 11:04 WIB
Google Translate Mendapat Dukungan 110 Bahasa Baru - JPNN.COM
Ilustrasi wanita menggunakan aplikasi Google Translate. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Google telah menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru ke layanan penerjemah mereka, yaitu Google Translate.

Sebelumnya, Google Translate telah mendukung 133 bahasa, dengan adanya perluasan dukungan ke 110 bahasa tersebut maka ini menjadi lompatan signifikan yang pernah ada.

Hal itu dimungkinkan dengan bantuan Model Bahasa Besar Kecerdasan Artifisial PaLM 2 Google, yang membantu Google Translate untuk mempelajari bahasa-bahasa baru ini.

Bahasa yang dipelajari cukup baik dipahami oleh artificial intelligence itu, contohnya seperti bahasa yang mirip dengan Bahasa Hindi seperti Awadhi dan Marwadi.

Contoh lainnya yang dipelajari lagi ialah Bahasa kreol Prancis seperti bahasa Kreol Seychellois dan Kreol Mauritius.

Ada juga kini Bahasa Kanton yang sebenarnya sudah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak diminta untuk hadir di Google Translate.

Senior Software Engineer Google Translate Isaac Caswell menyebutkan akhirnya Bahasa Kanton hadir setelah sebelumnya terasa sulit untuk dipelajari.

“Karena penulisan bahasa Kanton sering kali tumpang tindih dengan bahasa Mandarin, sulit untuk menemukan data dan melatih model," kata Caswell dalam unggahannya di blog Google.

Google telah menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru ke layanan penerjemah mereka, yaitu Google Translate.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close