Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gordon Banks Meninggal Dunia

Rabu, 13 Februari 2019 – 08:12 WIB
Gordon Banks Meninggal Dunia - JPNN.COM
Gordon Banks di tahun 2015. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks meninggal dunia, Selasa (12/2). Banks yang merupakan pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 wafat akibat mengidap penyakit kanker.

Kabar itu dibenarkan pihak keluarganya melalui akun resmi Stoke City FC, @stokecity. Keluarga memberitahukan meninggalnya legenda sepak bola dunia tersebut.

"Ini menjadi kesedihan yang besar bahwa kami mengumumkan Gordon (Banks) meninggal dunia dengan damai. Kami sangat merasa kehilangan dirinya. Kami memiliki banyak kenangan menarik dan sangat bangga kepadanya," bunyi pernyataan pihak keluarga Banks.

Gordon Banks Meninggal Dunia
Aksi Gordon Banks di Piala Dunia 1966. Foto: dari Daily Mail

Hal senada juga diungkapkan oleh rekannya yang juga pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst. Dia mengaku merasa sangat kehilangan setelah mendengar kabar tersebut.

"Sangat sedih mendengar berita bahwa Gordon (Banks) telah meninggal. Dia merupakan salah satu pemain terhebat. Berita sedih untuk keluarganya, Ursula, Julua, Wendy, dan Robert. Juga untuk dunia sepak bola, Stoke City, dan para penggemar. Dia akan sangat dirindukan," ungkapnya dikutip The Mirror.

Banks adalah kiper legendaris Inggris. Oleh FIFA dia dinobatkan sebagai penjaga gawang terhebat di eranya. Dia kerap kali melakukan aksi penyelamatan yang sangat fantastis. Selama kariernya, Banks tercatat pernah membela tiga tim yakni Leicester City, Chesterfield, dan Stoke City.

Di Timnas Inggris, Banks tampil dalam 73 laga. Dia menjadi pilar The Three Lions pada 1963 hingga 1972. Prestasi terbaiknya adalah menjuarai Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris.

Gordon Banks mencapai puncak penampilannya saat membawa Inggris juara Piala Dunia 1966.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close