Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gowes Pesona Nusantara di Kota Santri, Lewati Tujuh Pesantren

Minggu, 20 Agustus 2017 – 21:15 WIB
Gowes Pesona Nusantara di Kota Santri, Lewati Tujuh Pesantren - JPNN.COM
Prosesi pengambilan air jelang Gowes Pesona Nusantara di Jombang yang dilakukan di Sendang Made. Foto: istimewa

jpnn.com, JOMBANG - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Jombang, Jawa Timur, yang digelar MInggu (20/8) dipastikan berlangsung dengan semarak sekaligus sakral.

Pasalnya, dari rute yang disapkan oleh panitia, akan menghadirkan variasi rute jalanan perkotaan sampai melewati tempat sakral di sana.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dijadwalkan melepas para penggowes dari alun-alun kota Jombang yang nantinya akan melintasi rute perkotaan dan pedesaan Jombang dengan jarak sekitar 20 Km.

Selain akan mampir sebentar ke Museum Gus Dur, para pegowes juga akan melewati tujuh pondok pesantren yang ada di Jombang, di antaranya Pondok Pesantren Tebu Ireng yang bersemayam di dalamnya makam Presiden Keempat RI Abduraahman Wahid (Gus Dur) dan Pesantren Tambak Beras.

Sebelum acara gowes, sama seperti di kota lainnya, ada prosesi pengambilan tanah- air juga dilakukan di tanah Jombang.

Untuk air yang akan akan disatukan dalam Haornas di Magelang pada 9 September nanti, diambil dari Sendang Made, Jombang.

Menurut Kabid Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora, I Nyoman Winata, air Sendang Made dipilih karena memiliki sejarah menarik.

"Sendang Made adalah tempat pelarian Raja Airlangga saat dikejar-kejar musuhnya. Di Sendang Made ini, Airlangga membuat sendang, sebanyak 7 sendang. Di sendang itu pula, banyak orang yang datang untuk meminta berkah," katanya.

Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Jombang, Jawa Timur, yang digelar MInggu (20/8) dipastikan berlangsung dengan semarak sekaligus sakral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close