Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gubernur Anies Tegaskan Penanganan Pandemi COVID-19 Butuh Kebijakan Tepat

Senin, 08 Februari 2021 – 11:57 WIB
Gubernur Anies Tegaskan Penanganan Pandemi COVID-19 Butuh Kebijakan Tepat - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut situasi pandemi COVID-19 dengan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan banjir, memiliki penanganan berbeda.

Sebab, kata Anies, krisis akibat bencana alam bisa ditangani setelah peristiwa terjadi. Sementara itu, penanganan COVID-19 dilakukan selama peristiwa terjadi.

Anies menyampaikan itu saat memberikan sambutan dalam Konvensi Nasional Media Massa yang digelar untuk memperingati Hari Pers Nasional atau HPN 2021 di Jakarta, Senin (8/2).

"Menghadapi tsunami, gempa bumi, bencana gunung meletus, sungai meluap, peristiwanya terjadi sekali dan sesudah itu dampaknya dikelola. Kali ini peristiwa terjadi terus menerus," kata Anies.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu mengatakan, peran media massa atau pers menjadi penting dalam agenda penanganan pandemi COVID-19 ini.

Media, kata Anies, wajib menyoroti kebijakan dari pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Misalnya mengawal proses 3T yakni tracing, treatment, dan testing, agar berjalan dengan baik.

Di sisi lain, media massa perlu juga mengajak masyarakat untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, agar penularan COVID-19 bisa ditekan.

"Krisis kesehatan yang sekarang melanda dunia, membutuhkan kebijakan yang tepat di level makro dan perilaku yang benar di level mikro," ujar dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal pandemi COVID-19 saat Konvensi Nasional Media Massa memperingati HPN 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close