Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunakan TSL Ausmelt, Produksi Biji Timah Bakal Capai 40 Ribu Ton per Tahun Berkadar Rendah

Kamis, 02 Maret 2023 – 10:06 WIB
Gunakan TSL Ausmelt, Produksi Biji Timah Bakal Capai 40 Ribu Ton per Tahun Berkadar Rendah - JPNN.COM
PT Timah Tbk menerapkan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace smelter di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, MUNTOK - PT Timah Tbk telah menerapkan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace smelter di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

TSL Ausmelt ini mampu menghasilkan bijih timah sebanyak 40 ribu ton per tahun dengan kadar rendah.

“TSL Ausmelt ini bentuk transformasi dan inovasi teknologi pengolahan timah kadar rendah, yang kedepannya bisa menggantikan teknologi eksisting sebelumnya, reverberatory furnace,” ujar Wakil Kepala Unit Metalurgi Muntok PT Timah Kopdi Kardi Sarangih di Muntok, Senin (27/2).

Pembangunan yang menelan biaya hingga Rp 1,2 triliun per unit ini sudah mulai beroperasi pada 22 Desember 2022, dengan menerapkan transformasi teknologi dalam pengolahan bijih timah.

PT Timah juga berhasil menggantikan kapasitas 28.000 hingga 30.000 ton (6 unit) per tahun bijih timah, menjadi 40.000 ton (curde tin) per tahun (1 unit).

Kopdi mengatakan TSL Ausmelt ini menjadi yang pertama di Asia, dan merupakan pengolahan bijih timah terbesar ke-5 di dunia. Adapun kadar minimum yang diproduksi adalah 40 persen, yang diharapkan bisa menekan harga pokok penjualan (HPP).

Selain ramah lingkungan, TSL Ausmelt memiliki fleksibilitas mengolah konsentrat bijih timah kadar rendah ≥40% Sn.

Proses peleburan konstentrat timah dan peleburan terak juga lebih cepat dan efisien. Selain itu, bahan pereduksi peleburan menggunakan batu bara jenis sub-Bituminus yang tersedia banyak di Indonesia.

PT Timah telah menerapkan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace smelter di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close