Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai 2.500 Meter

Jumat, 14 Juni 2024 – 12:39 WIB
Gunung Ibu Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai 2.500 Meter - JPNN.COM
Arsip foto - Kolom abu vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Rabu (15/5/2024). Foto: ANTARA/HO-PVMBG

jpnn.com, JAKARTA - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali erupsi Jumat 14/6) siang ini pada pukul 11.31 WIT.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan tinggi kolom letusan Gunung Ibu kali ini setinggi 2,5 kilometer ke udara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Gradita Trihadi, dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Gradita menuturkan warna awan abu vulkanik yang terbentuk akibat peristiwa erupsi tersebut adalah kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut.

Erupsi itu tercatat pada alat seismogram dengan amplitudo maksimum 9 milimeter dan durasi lebih kurang 2 menit 7 detik.

Sejak 16 Mei 2024 sampai hari ini, Gunung Ibu masih menyandang status awas atau level IV lantaran aktivitas vulkanik dan kegempaan masih terbilang tinggi.

Jarak bahaya berada dalam radius empat kilometer dan perluasan sektoral berjarak tujuh kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

PVMBG merekomendasikan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius bahaya tersebut.

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali erupsi Jumat 14/6) siang ini pada pukul 11.31 WIT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close