Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 4.500 Meter, Waspada

Rabu, 28 Juli 2021 – 17:30 WIB
Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 4.500 Meter, Waspada - JPNN.COM
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 4.500 meter menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Rabu (28/7).. (ANTARA/HO)

jpnn.com, KARO - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 4.500 meter, Rabu (28/7).

Menurut petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra, Gunung Sinabung erupsi pada pukul 13.20 WIB.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dibawa angin condong ke arah timur dan selatan," kata Armen melalui keterangan tertulis.

Dia menjelaskan erupsi Gunung Sinabung itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 12 menit 22 detik.

Erupsi tersebut juga disertai luncuran awan panas sejauh 1.000 meter ke timur dan tenggara.

Armen mengimbau kepada warga maupun wisatawan untuk tidak mendekat apalagi memasuki zona bahaya yang sudah direkomendasikan.

"Karena aktivitas Sinabung masih sangat tinggi dan dapat terjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja," ucapnya.

Kepada warga yang terdampak abu vulkanik juga diingatkan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, guna menghindari dampak buruk yang ditimbulkan, seperti ISPA dan iritasi pada mata.

"Untuk status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," kata Armen. (antara/jpnn)

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali menunjukkan peningikatan aktivitas dan luncuran awan panas hingga 1.000 meter.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close