Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Besar UI Nilai Diskusi FMB9 Penting untuk Lawan Hoaks

Minggu, 05 Agustus 2018 – 11:27 WIB
Guru Besar UI Nilai Diskusi FMB9 Penting untuk Lawan Hoaks - JPNN.COM
Berita hoaks.

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad menilai diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang difasilitasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merupakan hal yang tepat.

Sebab, ada informasi akurat mengenai berbagai program dan kebijakan yang telah dilakukan pemerintah kepada publik.

"Informasi itu datang dari mana saja, terutama sekarang yang menjadi andalannya media sosial kan. Pemerintah wajib membanjiri publik dengan informasi terhadap apa yang sudah dilakukan dan direncanakan. Dengan adanya FMB9 itu amat baik dalam arena saling memberi informasi," ujar Hamad, Sabtu (4/8).

Menurut Hamad, dengan adanya penyampaian informasi yang akurat dan valid seperti penyelenggaraan FMB, masyarakat akan memilah sendiri kebenaran yang akan diikuti.

"Kadang-kadang pemerintah sudah memberikan pernyataan pun ada tandingannya. Apalagi pemerintah tidak punya pernyataan atau tak punya pemberitaan," ucap Hamad.

Hamad mengatakan, rutinnya pelaksanaan FMB9 yang menghadirkan kalangan penyelenggara pemerintahan, akademisi, praktisi maupun ahli dapat menjadi upaya melawan hoaks.

"Yang penting sekarang hadir dulu informasinya. Nanti pada waktunya, mungkin, ketika ada informasi (hoax), sifatnya menandingi, dalam ketiadaan isu FMB9 menjadi trendsetter. Kan, gitu," ujar Hamad.

Hamad menuturkan, metode penyelenggaraan FMB9 seperti yang dilakukan saat ini dapat dikategorikan bagus.

Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad menilai diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang difasilitasi Kemenkominfo sangat tepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close