Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Honor Diintimidasi

Rp40 Miliar Siap Dikucurkan

Sabtu, 23 April 2011 – 15:09 WIB
Guru Honor Diintimidasi - JPNN.COM
SAMARINDA – Polemik keterlambatan pembayaran insentif guru di Samarinda kian melebar. Belum lagi insentif itu cair, sejumlah guru honor mengaku diintimidasi karena aksi mereka menuntut hak.

Informasi ini sebelumnya disampaikan di dalam pertemuan antara guru yang berstatus pegawai tidak tetap harian (PTTH) dengan Pemkot Samarinda yang difasilitasi DPRD. Sejumlah guru mengaku, diintimidasi kepala sekolah (kepsek). Bentuk intimidasinya macam-macam, mulai mengancam memberhentikan hingga pengurangan jam belajar.

Dikonfirmasi hal ini, Ketua Forum Solidaritas PTTH Samarinda Wahyuddin membenarkan. “Bahkan ada oknum dari Disdik (Dinas Pendidikan) yang datang ke sekolah. Di beberapa sekolah negeri kami mendapat laporan, kepsek mengintimidasi,” terangnya seperti diberitakan Kaltim Post (grup JPNN).

Dikatakan, pengurangan jam belajar adalah intimidasi yang paling memungkinkan. Padahal, kata dia, pendapatan guru honor hanya mengandalkan jam belajar dan insentif. Untuk satu jam mengajar, setiap guru honor mendapat bayaran antara Rp 2.500 hingga Rp 3.000. Jika dalam sepekan mereka mendapat jam mengajar penuh atau 24 jam sepekan, take home pay dalam sebulan sekitar Rp 400 ribu.

SAMARINDA – Polemik keterlambatan pembayaran insentif guru di Samarinda kian melebar. Belum lagi insentif itu cair, sejumlah guru honor mengaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close