Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Guru Honorer Mulai Mengurus Dokumen Penetapan NIP PPPK, Lumayan Cepat, Biayanya?

Kamis, 06 April 2023 – 13:37 WIB
Guru Honorer Mulai Mengurus Dokumen Penetapan NIP PPPK, Lumayan Cepat, Biayanya? - JPNN.COM
Ketua GLPGPPPK Kabupaten Kebumen Musbihin bersama pengurus lainnya. Foto: Dokumentasi GLPGPPPK for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Guru honorer di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mulai pengurusan dokumen untuk penetapan NIP PPPK. Ketua Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen Musbihin mengatakan pengurusan dokumen sudah dimulai pada 5 April. 

Tahap pertama, mereka mengurus.surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas napza di rumah sakit daerah. Mereka sengaja mengurus tiga dokumen tersebut lebih dahulu, karena prosesnya panjang. Selain itu, waktu berlakunya tiga bulan.

Musbihin mengaku bersyukur karena proses pengurusan tiga surat keterangan tersebut hanya 1 jam 30 menit. "Mengurus surat kesehatan jasmani, rohani, dan bebas napza butuh waktu 1,5 jam, dimulai proses pencet antrean pendaftaran, isi dokumen, cek pemerikasaan sampai kasir," ungkap Musbihin kepada JPNN.com, Kamis (6/4).

Mengenai biaya, Musbihin mengungkapkan, yakni Rp 420 ribu untuk tiga surat keterangan tersebut.  Namun, biaya tersebut tergantung masing-masing pemda. Bisa saja, kata Musbihin, di daerah lain lebih besar atau kurang dari itu. 

Lebih lanjut dia menyarankan guru honorer yang sudah mendapatkan penempatan PPPK 2022 segera mengurus dokumen. "Mumpung masih di awal-awal jadi antrean tidak panjang. Kalau sudah mepet bisa-bisa ada kendala teknis, apalagi mau Lebaran, banyak yang cuti," terang Musbihin.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan 250.320 peserta mendapatkan penempatan PPPK guru 2022. Selanjutnya, akan diumumkan hasil pascasanggah pada 9 - 10 April.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan jadwal pengumuman pascasanggah, pengisian DRH hingga penetapan NIP PPPK guru 2022 tidak berubah.

Sesuai Surat Nomor 2851/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal 8 Maret yang ditandatangani Pelaksana Tugas Kepala BKN Bima Haria Wibisana, pengumuman kelulusan pascasanggah pada 9 sampai 10 April. Kemudian, pengisian DRH NIP PPPK pada 11 sampai 30 April. Usul penetapan NIP PPPK pada 24 April sampai 18 Mei 2023. 

Guru honorer mulai mengurus dokumen penetapan NIP PPPK, lumayan cepat, bagaimana dengan biayanya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close