Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus AMI Dukung RUU Masyarakat Adat Segera Disahkan

Kamis, 25 Februari 2021 – 20:33 WIB
Gus AMI Dukung RUU Masyarakat Adat Segera Disahkan - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Konstitusi mengamanatkan negara mengakui dan menghormati masyarakat adat beserta hak tradisionalnya di Indonesia. Namun, amanat tersebut nampaknya belum optimal dijalankan oleh negara.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan kendati konstitusi dan sejumlah UU telah menjamin hak masyarakat hukum adat tetapi pada praktiknya ketentuan itu belum dipenuhi. Padahal kontribusi mereka sangat nyata bagi Indonesia.

“Masyarakat adat mempunyai kontribusi yang nyata, kita harus meyakinkan semua pihak bahwa kontribusi masyarakat adat ini signifikan baik dalam pembangunan ekonomi nasional, maupun dalam merawat kebinekaan,” kata Gus AMI saat menghadiri webinar “Urgensi UU Masyarakat Adat”, Kamis (25/2).

Berdasar kajian Aliansi Masyarakat Adat (AMAN), saat ini masih banyak masyarakat adat yang kehilangan wilayahnya karena masuk dalam wilayah konsesi seperti perkebunan dan pertambangan.

Hak-hak masyarakat hukum adat masih terancam dan belum mendapat perlindungan yang memadai.

Padahal, kata Gus AMI, kontribusi masyarakat adat sebagai penopang ekonomi Indonesia sangat besar.

Produktivitas masyarakat adat mampu menyaingi komoditas perkebunan koorporasi.

Segala risiko secara langsung dirasakan oleh masyarakat adat, meskipun hak mereka menjadi terus terpinggirkan oleh upaya yang justru mengatasnamakan pembangunan dan permberdayaan.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI mendukung RUU Masyarakat Adat segera disahkan. Kontribusi masyarakat adat dalam menopang perekomian maupun merawat kebinekaan sangatlah besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close