Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus AMI Ungkit Kebijakan Gus Dur Ubah Nama Irian Jaya jadi Papua

Jumat, 30 Agustus 2019 – 13:21 WIB
Gus AMI Ungkit Kebijakan Gus Dur Ubah Nama Irian Jaya jadi Papua - JPNN.COM
Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI angkat bicara soal rentetan demonstrasi berujung kerusuhan yang belakangan ini terjadi di Papua dan Papua Barat.

Gus AMI bercerita tentang langkah konkret seorang pemimpin Indonesia demi merekatkan Papua tetap berada di pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gus AMI menyinggung kebijakan progresif Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua.

"Dulu Gus Dur ketika menjadi presiden mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua. Itu bukti bahwa komitmen kebersamaan sebagai keluarga, total," ungkap Gus AMI ditemui di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (30/8).

BACA JUGA: Kantor Antara Biro Papua Dirusak Massa, Kami Ikut Prihatin

Menurut Gus AMI, masyarakat Papua merasa bahagia dengan kebijakan Gus Dur tersebut. Sebab, perubahan nama menegaskan negara memiliki cinta besar untuk masyarakat Papua.

"Lalu disahkanlah perubahan Irian Jaya menjadi Papua. Itu karena kecintaan Gus Dur dan kita semua kepada sahabat, saudara kita semua dari Papua," ungkap dia.

Berkaca dari kebijakan Gus Dur, Gus AMI mengajak seluruh elemen bangsa untuk berkomitmen menguatkan sisi kemanusiaan dan persaudaraan antarsesama anak bangsa.

Menurut Gus AMI, masyarakat Papua merasa bahagia dengan kebijakan Gus Dur tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close