Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Jazil Ingatkan Pemerintah, Jangan Kecewakan Para Santri

Minggu, 11 Oktober 2020 – 21:55 WIB
Gus Jazil Ingatkan Pemerintah, Jangan Kecewakan Para Santri - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid merasa terpanggil untuk ikut mengingatkan pemerintah untuk segera menerbitkan aturan pelaksana Undang-Undang Nomor 18/2019 tentang Pesantren.

“Saya minta pemerintah segera mengeluarkan aturan turunan dari UU Pesantren,” ujar Gus Jazil -sapaan Jazilul Fawaid, di Jakarta pada Minggu (11/10).

 

Hal itu disampaikan Gus Jazil karena kehadiran UU Pesantren disambut dengan gembira oleh para kiai, santri, dan organisasi keagamaan Islam yang memiliki lembaga pendidikan tersebut.

Mereka senang dengan UU Pesantren karena pemerintah dan DPR memperhatikan keberadaan lembaga pendidikan yang sudah ada sejak Indonesia belum merdeka itu.

 

Namun demikian, sejak disahkan pada 15 Oktober 2019 hingga saat ini, UU Pesantren belum berdaya guna sehingga keberadaan pesantren tak kunjung terentaskan dari masalah yang selama ini membelitnya.

Masalah yang terjadi tak sebatas belum terbitkan aturan turunan berupa PP, namun yang lebih menyedihkan adalah Bantuan Operasional Pesantren (BOP) yang ada dalam RAPBN 2021 malah dihapus.

Menurut alumni PMII itu, UU Pesantren sudah diputuskan DPR setahun lalu. Seharusnya kehadiran UU itu segera dibarengi dengan pembuatan PP maupun Perpres sebagai aturan teknis pelaksanaannya.

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid bicara soal UU Pesantren yang belum bermanfaat bagi para santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close