Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gus Muhaimin: Kemenkes Harus Beri Akses Pengobatan bagi Pasien Isolasi Mandiri

Rabu, 07 Juli 2021 – 13:59 WIB
Gus Muhaimin: Kemenkes Harus Beri Akses Pengobatan bagi Pasien Isolasi Mandiri - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama dinas kesehatan dan rumah sakit di daerah meningkatkan pengawasan terhadap pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri atau isoman.

Menurut Gus Muhaimin, tenaga medis harus melakukan pengecekan langsung secara berkala dan memberikan akses pengobatan bagi masyarakat yang melakukan isoman.

Sebagai solusi di tengah keterbatasan ruang perawatan di rumah sakit (RS), bukan berarti warga yang memilih isoman dibiarkan tanpa penanganan sama sekali. Apalagi, berdasarkan DataLaporCovid-19, jumlah kematian masyarakat saat melakukan isoman masih terus terjadi.

"Saya rasa Kemenkes perlu menyusun panduan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang, mengingat saat ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit," ucapnya, Rabu (7/7).

Dia mengatakan panduan itu dinilai dapat membantu pasien dan keluarganya untuk melakukan perawatan secara mandiri di rumah, tetapi tetap dengan prosedur dan obat-obatan yang tepat serta pemantauan dokter atau tenaga kesehatan.

Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI itu mendorong Kemenkes bersama pihak RS berkoordinasi dengan RT/RW untuk memastikan dan menggencarkan sosialisasi mengenai prosedur penanganan dan pengobatan yang tepat bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Dengan begitu, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dapat mengikuti seluruh arahan tersebut secara optimal, mengingat warga yang terpapar virus corona tidak dapat tinggal berdampingan dengan keluarga ataupun berkomunikasi secara langsung dengan orang lain.

"Saya juga mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk berani melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat sehingga mereka bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan pemantauan dari nakes, guna mencegah terjadinya kekeliruan penanganan apabila dilakukan tanpa arahan nakes,” kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin minta Kemenkes menyusun panduan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close