Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Habib Rizieq Telah Kembali, Saatnya Rekonsiliasi?

Selasa, 10 November 2020 – 14:14 WIB
Habib Rizieq Telah Kembali, Saatnya Rekonsiliasi? - JPNN.COM
Habib Rizieq Shihab telah tiba di Indonesia. Foto: tangkapan layar video FPI

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Anwar Abbas menyebutkan, pemerintah perlu menggelar rekonsiliasi nasional setelah pulangnya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia pada Selasa (10/11) ini. 

"Harapan saya supaya ada rekonsiliasi nasional," ucap dia dalam pesan singkatnya kepada jpnn, Selasa.

Menurut Anwar, rekonsiliasi nasional berguna meredam potensi kegaduhan politik di Indonesia atas beberapa masalah bangsa.

Saat ini, kata dia, perbedaan pendapat masyarakat dengan pemerintah cukup tajam dalam berbagai isu. Seperti proses legislasi UU Cipta Kerja, masalah Pilkada, penangkapan para aktifis yang kritis, diskriminasi dalam penegakan hukum, hingga masalah kepulangan Habib Rizieq.

"Untuk bisa menjaga persatuan dan kesatuan sebagai bangsa, supaya negeri ini tidak porak poranda, dengan melakukan rekonsiliasi nasional supaya di antara kita yang sama-sama mencintai negeri ini, ada titik temu," beber Anwar.

Setelah rekonsiliasi nasional dilaksanakan, kata Anwar, pemerintah bisa fokus mengerjakan perbaikan ekonomi. Misalnya mewujudkan target pertumbuhan ekonomi pemerintah sebesar 5 persen.

"Saya benar-benar mengharapkan di dalam usaha rekonsiliasi nasional ini masing-masing pihak dapat mengendalikan diri dan  mengesampingkan kepentingan pribadi atau  kelompok atau partai mereka masing-masing, serta mau mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan bersama," ujar dia.

Terkait kepulangan Habib Rizieq, Anwar menyebut hal itu sebagai hak. Tidak boleh terdapat pihak yang mencabut hak Habib Rizieq untuk pulang ke tanah air.

Perlukah pemerintah menggelar rekonsiliasi nasional setelah pulangnya Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close