Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Kementan Targetkan Tambah Lahan Tanam 44.734 Ha di Jambi

Jumat, 16 Agustus 2024 – 20:44 WIB
Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Kementan Targetkan Tambah Lahan Tanam 44.734 Ha di Jambi - JPNN.COM
Kementerian Pertanian mengambil langkah proaktif dengan program penambahan areal tanam dalam upaya menghadapi potensi krisis pangan akibat iklim ekstrem. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAMBI - Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil langkah proaktif dengan program penambahan areal tanam dalam upaya menghadapi potensi krisis pangan akibat iklim ekstrem.

Penambahan areal tanam itu dilakukan melalui beragam kegiatan, yaitu optimasi lahan, pompanisasi, dan penanaman tumpang sisip padi gogo.

“Langkah ini sangat penting dalam mengatasi potensi krisis pangan yang mungkin terjadi,” ungkap Direktur Perlindungan Hortikultura Muh. Sidiq dalam keterangan resminya, Jumat (16/8).

Sidiq menyebutkan target penambahan luas tanam di Jambi mencapai 44.734 hektare.

Jumlah ini terdiri dari 14.874 hektare melalui optimasi lahan, 18.988 hektare melalui pompanisasi, dan 10.872 hektar melalui tumpang sisip padi gogo.

“Kolaborasi antara pemerintah daerah Jambi dan Korem 042 Garuda Putih sangat penting untuk mencapai target tersebut,” jelas Sidiq.

Untuk memastikan program berjalan maksimal, Tim Kementan yang diwakili oleh Direktorat Perlindungan Hortikultura melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tebo, dan Tanjung Jabung Timur.

Di lapangan, tim berkoordinasi dengan tim Balai Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Jambi, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Provinsi Jambi, Kodim, Babinsa, serta dinas pertanian kabupaten.

Kementan mengambil langkah proaktif dengan menambah luas tanam di Jambi untuk menghadapi ancaman krisis pangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA