Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Covid-19, Pemerintah Perlu Mencontoh Penanganan Tsunami Aceh

Sabtu, 10 Juli 2021 – 21:40 WIB
Hadapi Covid-19, Pemerintah Perlu Mencontoh Penanganan Tsunami Aceh - JPNN.COM
Ilustrasi pandemi Covid-19. Foto : Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Rujak Center for Urban Studies Marco Kusumawijaya mengatakan bahwa penanganan tsunami Aceh menjadi pengalaman dalam menghadapi bencana besar.

Arsitek yang juga pernah terlibat dalam rekonstruksi Aceh itu menyayangkan dalam penanganan pandemi Covid-19, pengalaman sukses itu seolah tak tampak.

"Bangsa ini punya pengalaman menangani bencana besar dengan berhasil," kata dia dalam cuitannya di Twitter, Selasa (6/7/2021) lalu.

Dalam penanganan krisis tsunami Aceh, pemerintah kala itu membentuk Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias.

Komando penanganan bencana dahsyat waktu itu dipimpin dengan mandat penuh dan pengorganisasian secara efektif satu pintu.

Tokoh Badan antara lain Kuntoro Mangkusubroto, Sudirman Said, William Sahbandara, dan Amien Subekti.

"Sudirman Said bicara tentang tsunami bukan hanya karena dia tokoh kemanusiaan sebagai Sekjen PMI sekarang, tapi juga sebagai salah satu deputi (ter)penting Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh di bawah Pak Kuntoro,” ujar Marco.

Ekonom senior Faisal Basri juga menyarankan pemerintah untuk mencontoh pengendalian krisis Covid-19 saat ini seperti penanganan bencana tsunami Aceh.

Pemerintah dinilai perlu mencontoh penanganan tsunami Aceh dalam menangani krisis pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close