Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Kosta Rika, Belanda Jangan Tergoda Main Terbuka

Sabtu, 05 Juli 2014 – 14:55 WIB
Hadapi Kosta Rika, Belanda Jangan Tergoda Main Terbuka - JPNN.COM
Pelatih Belanda Louis Van Gaal. Foto: Getty Images.

jpnn.com - SALVADOR - Arena Fonte Nova di kota Salvador cukup bersahabat bagi Belanda. Di stadion tersebut, Belanda menggasak Spanyol dengan 5-1 di laga pertamanya. Berkat perjalanan meyakinkan tersebut, De Oranje-julukan Belanda memiliki kepercayaan diri yang kuat hingga kemudian menyapu bersih setiap laga yang dilalui di Brasil.

Kini, mereka menghadapi Kosta Rika di perempat final. Tim asal Amerika Tengah itu jelas menjadi kejutan di Piala Dunia 2014. Pelatih Jorge Luis Pinto berhasil meracik skema permainan tepat untuk skuat yang notabene pas-pasan alias tidak banyak pemain bintang yang ada di timnya.

Belanda berangkat ke Brasil dengan membawa kejutan. Pelatih Louis van gaal meninggalkan pola dasar 4-3-3 menjadi 5-3-2. Di fase grup, mereka selalu kalah dalam hal penguasaan bola. Baru saat bertemu Meksiko yang memilih bertahan, Oranje unggul penguasaan bola.

Tapi, Van Gaal cukup beruntung dengan skuat yang dibawanya. Mereka memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam beradaptasi dengan perbedaan skema permainan. Sehingga, praktik di lapangan menunjukkan skema 5-3-2 bisa berubah sesuai kondisi pertandingan.

Jelang laga, Van Gaal dipusingkan dengan cederanya Nigel De Jong. Dia mengalami cedera pangkal paha dan divonis absen hingga turnamen usai. Padahal, sepanjang fase grup, pemain AC Milan tersebut jadi satu faktor kekuatan pertahanan Belanda.

"Tentu saja kehilangan yang besar, tapi tim ini memiliki kepercayaan diri yang besar. Kami datang tanpa ekspektasi tinggi, tapi kini media menempatkan kami sebagai favorit. Entah bagaimana hal itu terjadi, kami melaluinya dengan kerja keras," ujar Van Gaal pada Guardians.

Tanpa De Jong, perubahan pola berpeluang terjadi. Para pemain Belanda sebelumnya terbiasa dengan 4-3-3 seperti yang terjadi di kualifikasi. Kejeniusan Van Gaal akan diuji kembali untuk membongkar strategi yang disiapkan oleh Jorge Luis Pinto.

Satu hal yang perlu diingat Van Gaal, para pemainnya harus tetap disiplin dan tidak tergoda untuk bermain terbuka. Sebab, lengah sedikit Brian Ruiz dan Joel Campbell akan menghukum mereka. Seperti yang terjadi pada Italia dan Uruguay.

SALVADOR - Arena Fonte Nova di kota Salvador cukup bersahabat bagi Belanda. Di stadion tersebut, Belanda menggasak Spanyol dengan 5-1 di laga pertamanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA