Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadapi Pilkada dan Pemindahan IKN, Brigjen TNI Anggara Sitompul Pantau Kesiapan Prajurit

Senin, 10 Juni 2024 – 11:30 WIB
Hadapi Pilkada dan Pemindahan IKN, Brigjen TNI Anggara Sitompul Pantau Kesiapan Prajurit - JPNN.COM
Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompu (kanan) bersama Dandim 0909/Kutim Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo (kiri). ANTARA/HO-Pendim 0909/Kutim)

jpnn.com, SAMARINDA - Menghadapi Pilkada 2024 dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Komandan Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma (Danrem 091/ASN) Brigjen TNI Anggara Sitompul memantau kesiapan prajurit.

Menurut Danrem, kesiapan prajurit dinilai hal krusial karena dua hal tersebut sama-sama agenda nasional, yakni yang satu merupakan pesta demokrasi untuk menentukan calon masa depan daerah, sedangkan satunya lagi agenda nasional yang menyangkut masa depan negara karena kepindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

"Saya perlu menekankan hal itu kepada semua prajurit supaya mental mereka siap untuk melaksanakan tugas dengan baik untuk mengawal dua agenda besar ini," katanya saat mengunjungi Kodim 0909/Kabupaten Kutai Timur, seperti rilis Penerangan Korem 091/ASN yang diterima di Samarinda, Senin.

Saat ini, kata dia, persiapan pilkada serentak di Kaltim, baik tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) maupun tingkat Provinsi Kaltim sudah dalam proses untuk pemungutan suara digelar pada 27 November 2024.

Sedangkan kegiatan pembangunan terkait pemindahan IKN sudah berjalan sejak 2020, termasuk adanya berbagai kunjungan presiden, menteri dan pihak terkait, sehingga dalam hal ini prajurit mendapat tugas pengawalan dan pengamanan hingga presiden berkantor di IKN yang direncanakan mulai Agustus 2024.

Dia menekankan seluruh prajurit Kodim 0909/Kutim selalu siaga terkait tugas-tugas pada masa mendatang, baik berbagai hal mengenai pilkada serentak maupun dalam menyikapi perpindahan Ibu IKN ke Kaltim, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sementara Kabupaten Kutim merupakan daerah penyangga IKN.

"Dalam pilkada serentak ini, TNI jelas harus netral namun harus siaga menyukseskan pesta demokrasi. Kemudian menyikapi perpindahan IKN harus dengan mental tangguh, karena setiap saat nantinya melakukan pengamanan yang durasinya makin banyak," katanya.

Sementara dalam kunjungan ke Kutim pada Sabtu (8/6), Danrem 091/ASN menilai Mako Kodim 0909/Kutim dari segi fasilitas cukup baik, meskipun masih ada kondisi labil pergerakan tanah di sekitar Kodim, sehingga sudah diwacanakan mencari lokasi baru.

Menghadapi Pilkada 2024 dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul memantau kesiapan prajurit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close