Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hadiri KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Bawa Isu Palestina

Senin, 04 Maret 2024 – 17:13 WIB
Hadiri KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Bawa Isu Palestina - JPNN.COM
Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bersama delegasi terbatas bertolak ke Melbourne, Australia, pada Senin (4/3) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia.

KTT yang diselenggarakan tersebut untuk merayakan 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia ini mengusung tema "A Partnership for the Future”.

“Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur,” ujar Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sebelum keberangkatan.

Jokowi akan membawa sejumlah isu untuk mendorong kerja sama di berbagai bidang, termasuk penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital.

“Serta pemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu Palestina,” kata dia.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin juga akan merumuskan rencana aksi hubungan ASEAN-Australia dalam 18 tahun ke depan.

Dia menuturkan bahwa banyak rencana aksi yang akan dilakukan, antara lain kerja sama dalam bidang kendaraan listrik.

“Banyak, jadi kerja sama di electric vehicle kita akan dorong agar kerja sama ini terjadi dan dilaksanakan secepatnya. Juga yang berkaitan dengan transformasi digital,” tuturnya.

Joko Widodo bersama delegasi terbatas bertolak ke Melbourne, Australia, pada Senin (4/3) untuk menghadiri KTT ASEAN-Australia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close