Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hakteknas 2019 di Bali, Menteri Nasir: Menularkan Semangat Iptek dan Inovasi ke Daerah

Rabu, 28 Agustus 2019 – 19:05 WIB
Hakteknas 2019 di Bali, Menteri Nasir: Menularkan Semangat Iptek dan Inovasi ke Daerah - JPNN.COM
Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menristekdikti M Nasir membuka rangkaian puncak peringatan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8). Foto: Kemenristekti

jpnn.com, DENPASAR - Setelah melewati rangkaian kegiatan yang panjang dan padat, peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019 mencapai puncaknya saat dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Sebelumnya berbagai rangkaian acara dan kegiatan sukses digelar mulai dari pameran inovasi teknologi Ritech Expo menyajikan berbagai produk inovasi unggulan karya anak bangsa dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator; Rakornas ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (IPTEKIN); Lomba Produk Inovasi Nasional; Bakti Inovasi; Anugerah Iptek dan Inovasi; berbagai kegiatan Ilmiah, serta berbagai lomba Iptek dan Inovasi.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan, kegiatan Hakteknas akan terus disosialisasikan ke daerah untuk menularkan semangat iptek dan inovasi ke penjuru nusantara. Itulah mengapa, sejak tahun 2016, dirinya menginisiasi Hakteknas digelar di daerah-daerah.

Sebelumnya Hakteknas selalu diperingatan di Jakarta. Ternyata, menurut Menristekdikti, atensi publik di daerah terhadap riset dan inovasi semakin meningkat.

"Sejak tahun 2016, kami lakukan di luar kota, yakni Surakarta. Ada kenaikan inovasi daerah mulai muncul. Kemudian tahun 2017 di Makasar. Tahun 2018 di Pekanbaru Riau. Kali ini di Bali. Harapan saya bisa terus sosialisasikan ke daerah lain, untuk mendorong inovasi daerah," ucapnya.

Kenaikan inovasi ini tidak lepas dari kerja keras enam Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang berada dibawah koordinasi Kemenristekdikti, yang selalu mendorong kontribusi dalam inovasi bangsa. Sehingga pada tahun 2019 terdapat perubahan yang sangat signifikan dalam riset dan inovasi.

"Dulu startup atau inovasi yang dihasilkan para peneliti Indonesia selalu berada dibawah di Asia Tenggara. Bahkan patennya rendah. Saya waktu itu membandingkan dengan Iran, mereka mengembangkan startup dari tahun 2004-2014, berapa inovasi yang dihasilkan dalam 10 tahun, mereka menghasilkan 1000 start up," terang Menteri Nasir.

Hal itulah yang menjadi tekad Menteri Nasir. Sebab pada saat awal dirinya memimpin kemenristekdikti, hanya ada dibawah 15 startup dalam setahun. Namun pada tahun 2019 ini, startup yang sudah dibangun baik oleh LPNK, Perguruan Tinggi Masyarakat dan Industri sudah tercipta sebanyak 1350 startup selama lima tahun.(jpnn)

Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir pada acara puncak peringatan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close