Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hanock Marei: OPM Sekarang Tidak Menjunjung HAM

Minggu, 03 Desember 2023 – 05:44 WIB
Hanock Marei: OPM Sekarang Tidak Menjunjung HAM - JPNN.COM
para eks perjuang Papua Merdeka. foto: Sources WAG

jpnn.com, NABIRE - Eks anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) menggelar doa bersama di makam Panglima Besar OPM asal Nabire, alm. Yulian Yaap Marey di Kampung Nusantara Kimi, Distrik Teluk Kimi, kabupaten Nabire, Papua Tengah beberapa waktu lalu. 

Acara doa bersama ini dihadiri oleh keluarga Almarhum, tokoh agama setempat, tokoh adat setempat dan beberapa tokoh eks pejuang OPM yang telah kembali pada pangkuan Ibu Pertiwi.  

Pendeta Maniawasi sangat menyayangkan aksi kekerasan yang dilakukan OPM. Pasalnya perjuangan OPM saat tidak selaras dengan perjuangan almarhum Yaap Maray zaman dahulu.

"Perjuangan OPM zaman dulu tidak pernah mendengar adanya guru, tenaga kesehatan dan pekerja yang dibunuh. Namun, apa yang kita lihat saat ini jauh dari perjuangan bapak Yaap Maray bahwa OPM berani menyakiti Pastor dan Pendeta, maka kami mengutuk keras aksi mereka", lanjut Maniawasi.

Mantan pejuang organisasi Papua Merdeka Hanock Marei dengan tegas menolak aksi-aksi yang dilakukan OPM saat ini karena bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.

Eks OPM era 1975 ini menilai, perjuangan TPNPB OPM saat ini tidak lagi selaras dengan perjuangan OPM zaman dulu dan bukan perjuangan yang tulus untuk rakyat Papua, melainkan hanya untuk kepentingan kelompok atau pribadi semata.

Dalam kesempatan ini Hanock meminta agar para pejuang yang tergabung dalam TPNPB OPM bisa membuka diri untuk turun dan bergabung kembali dalam NKRI.

“Kami mengajak seluruh rakyat bangsa Papua untuk mari kita sama-sama membina persatuan dan kesatuan hati, jiwa dan roh dalam mengolah dan membangun tanah ini bersama bangsa Indonesia dalam bingkai sang saka merah putih dan Pancasila serta dasar negara. Untuk membangun Papua menjadi sebuah daerah yang memancarkan kasih, persaudaraan, kedamaian serta kebahagiaan. Ibarat surga kecil yang ada di Bumi Papua,” beber Hanock. (mcr30/jpnn) 

Mantan OPM Nilai Aksi Pejuang KKB Saat Ini Tidak menjujung hal asasi manusia karena membunuh secara membabibuta.

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close