Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hanya 7 Daerah Alokasikan 20 Persen Dana Pendidikan di APBD

Selasa, 25 Juni 2019 – 06:33 WIB
Hanya 7 Daerah Alokasikan 20 Persen Dana Pendidikan di APBD - JPNN.COM
Mendikbud Muhadjir Effendy didampingi Kadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hanya tujuh pemerintah daerah yang mengalokasikan anggaran fungsi pendidikan lebih dari 20 persen pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), murni tanpa memasukkan dana pusat yang ditransfer ke daerah. Di antaranya Provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Kutai Kartanagara, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bangli.

"Kemudian hanya tujuh pemerintah daerah yang mengalokasikan anggaran pendidikan (lebih 20 persen, red) tanpa transfer daerah atau murni dari PAD (pendapatan asli daerah)," ungkap Mendikbud Muhadjir Effendy dalam Raker dengan Komisi X, di Jakarta, Senin (24/6).

Dia menjelaskan, alokasi anggaran fungsi pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus meningkat. Alokasi untuk transfer daerah juga mendapatkan porsi yang cukup besar, mencapai lebih dari 62 persen pada APBN 2019. "Tahun 2018 transfer daerah sebesar Rp 279,4 triliun, tahun 2010 mencapai 308,38 triliun," terangnya.

Dia menyampaikan bahwa sebagai salah satu kementerian yang mengelola anggaran pendidikan terbesar tahun anggaran 2018, daya serap Kemendikbud mencapai 97,10 persen. Dalam dua tahun terakhir realisasi anggaran Kemendikbud tertinggi dibandingkan 10 kementerian dan lembaga lain pemegang anggaran terbesar.

BACA JUGA: Banyak Ortu Protes PPDB Sistem Zonasi, Mendikbud Terima Disumpah Serapah

Dalam Raker dengan Komisi X ini, Kemendikbud menyampaikan penambahan anggaran sebesar Rp12,22 triliun untuk tahun anggaran 2020. Adapun pagu indikatif rencana APBN tahun anggaran (RAPBN TA) 2020 sebesar Rp34,534 triliun.

Empat program prioritas nasional yang akan dilaksanakan Kemendikbud pada tahun anggaran 2020 di antaranya Perluasan Akses Pendidikan, Peningkatan Mutu, Kebudayaan dan Bahasa, serta Revitalisasi Vokasi. (esy/jpnn)

Hanya tujuh pemerintah daerah yang mengalokasikan anggaran pendidikan lebih 20 persen tanpa transfer daerah atau murni dari PAD.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close