Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hanya Pak SBY yang Tahu Makna Sebenarnya

Minggu, 22 Januari 2017 – 14:16 WIB
Hanya Pak SBY yang Tahu Makna Sebenarnya - JPNN.COM
Cuitan SBY mengenai hoax. Foto: Twitter

jpnn.com - jpnn.com - Praktisi komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, secara denotatif cuitan Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bermaksud menuduh pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai penyebar informasi hoax.

Namun, kata Emrus, secara konotatif hanya SBY yang mengetahui maksud di balik cuitan di akun Twitter resminya @SBYudhoyono itu.

"Saya melihat isi Twitter itu tidak ada secara denotatif (menuduh pemerintah sekarang) . Tetapi secara konotatif makna di balik itu kan hanya SBY yang tahu," kata Emrus saat dihubungi jpnn.com, Minggu (22/1).

Memang, Emrus melanjutkan, dari sisi ilmu komunikasi kalimat SBY itu bisa dimaknai secara denotatif dan konotatif.

Sekali lagi, dia menegaskan, secara denotatif kalimat SBY itu memang bukan ditujukan untuk pemerintah yang berkuasa sekarang. Namun, Emrus berpendapat kalimat-kalimat yang dikeluarkan oleh politisi harus dipahami secara menyeluruh.

Karena bisa mengandung berbagai makna di balik pesan yang disampaikan.

"Justru secara holistik itu harus memahami makna di balik pesan yang disampaikan. Nah itu yang saya sebut konotatif," katanya.

Lantas, dia mengatakan, kalau ada yang menanyakan apa makna di balik pesan itu, Emrus kembali menjawab hanya SBY yang tahu. "

 Praktisi komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, secara denotatif cuitan Presiden RI Keenam Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   SBY  Twitter  Hoax 
BERITA LAINNYA
X Close