Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harap Pelaksanaan Haji Lebih Baik, Tokoh Masyarakat Minta Pansus Objektif

Jumat, 30 Agustus 2024 – 22:06 WIB
Harap Pelaksanaan Haji Lebih Baik, Tokoh Masyarakat Minta Pansus Objektif - JPNN.COM
Sejumlah aktivis dan tokoh masyarakat di Ciputat Tangrang Selatan menggelar diskusi public bahas arah kebijakan pelaksanaan haji di masa mendatang di Restoran Ayam Panggang Situ Gintung, Jumat (30/8). Foto: source for jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Sejumlah aktivis dan tokoh masyarakat di Ciputat Tangrang Selatan menggelar diskusi public bahas arah kebijakan pelaksanaan haji di masa mendatang di Restoran Ayam Panggang Situ Gintung, Jumat (30/8).

Forum diskusi ini diselenggarakan oleh gabungan organisasi, termasuk Masyarakat Adat Anti Korupsi (MAAKI), Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI), Kaukus Eksponen Aktivis 98, Gerakan Pemuda Jakarta dan Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia DPC Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Presidium Demokrasiana Institute, Zaenal Abidin Riam menekankan dua aspek utama dalam kebijakan haji ke depan.

Aspek itu ialah penerapan sistem teknologi dan standar ketat dalam perekrutan pembimbing haji.

Zaenal menjelaskan penerapan teknologi dan standar ketat sangat krusial untuk memastikan bahwa pembimbing haji tidak hanya kompeten, tetapi juga mampu memberikan pengalaman ibadah yang aman, nyaman, dan sesuai dengan tuntunan agama. 

“Mengumpulkan umpan balik dari jemaah mengenai pengalaman mereka dengan pembimbing adalah langkah penting untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan haji ke depan,” kata Zainal dalam keterangannya.

Zaenal juga menegaskan pentingnya obyektivitas Panitia Khusus (Pansus), yang diharapkan tidak hanya terfokus pada kepentingan politik.

Dia berharap pansus dapat memberikan solusi nyata untuk perbaikan pelaksanaan haji, sehingga jemaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. 

Sejumlah aktivis dan tokoh masyarakat di Ciputat Tangerang Selatan menggelar diskusi public bahas arah kebijakan pelaksanaan haji di masa mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA