Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Beras Tinggi, SKI Sebut Situasi Pangan Nasional Mencemaskan

Rabu, 29 November 2023 – 17:11 WIB
Harga Beras Tinggi, SKI Sebut Situasi Pangan Nasional Mencemaskan - JPNN.COM
Harga beras naik, kondisi pangan nasional disebut mencemaskan. Foto (ilustrasi): Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik kebijakan pangan Syaiful Bahari mengatakan harga beras dalam negeri yang tidak mengalami penurunan disebabkan oleh beberapa faktor.

Ada dua hal menjadi penyebabnya, pertama alokasi beras impor lebih banyak digunakan untuk bansos, dan kedua pemerintah membeli beras melalui pihak ketiga.

Menurut Syaiful Bahari, pembelian melalui perantara menjadi salah satu biang kerok mahalnya harga beras.

"Impor beras secara G to G nyatanya tidak terjadi, malah pemerintah menyerahkan pihak ketiga untuk mengimpor. Setiba di Indonesia, harganya pun menjadi tinggi,” ujar Syaiful Bahri, Rabu (29/11).

Anggota Majelis Nasional Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) ini melihat indikasi pengiriman beras impor melalui negara perantara atau tidak langsung dari negara eksportir.

"Bagaimana harganya akan turun setiba di Indonesia, beras impor ini masuk melalui Singapura, baru menuju Indonesia. Tak heran efisiensi harga tidak terjadi,” jelasnya.

Saat ini negara-negara produsen beras melakukan restriksi ekspor karena situasi global menuju krisis pangan. Tak heran jika dia skeptis pemerintah China akan mengizinkan ekspor beras ke Indonesia.

Syaiful meragukan pernyataan pemerintah bahwa stok beras nasional mencukupi. Hal ini karena saat situasi normal akhir tahun pada tahun-tahun lalu cadangan beras nasional mencapai 1-1,5 ton.

SKI sebut situasi beras nasional mencemaskan. Belum pernah terjadi hingga sekarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close