Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Ideal Premium Rp 8.500

Kamis, 19 Mei 2011 – 15:37 WIB
Harga Ideal Premium Rp 8.500 - JPNN.COM
JAKARTA — Melambungnya harga minyak dunia membuat Kementrian Keuangan semakin tertekan. Di lain pihak, konsumsi BBM premium terus mengalami peningkatan, sementara produksi minyak dalam negeri terus mengalami penurunan membuat beban subsidi kian berat. Hal ini berakibat terus terdongkraknya harga Pertamax.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang Brodjonegoro mengatakan, meski bukan termasuk negara terkaya di Asia Tenggara, namun hanya di Indonesia harga BBM subsidi menjadi yang paling terendah, yakni Rp.4500. Mengambil contoh di Vietnam, pemerintahnya sudah mengikuti harga keekonomian pasar minyak dunia dan mematok harga BBM Premium USD 1 per liter.

‘’Untuk idealnya mengurangi defisit, BBM premium kita itu harusnya Rp 8.500 per liter. Tapi sampai saat ini belum ada kebijakan apapun yang dibicarakan di Kemenkeu. Semua kajian ada di ESDM dan Pertamina,’’ kata Bambang pada wartawan di kantor Kemenkeu, Kamis (19/5).

Meski banyak sumur minyak Indonesia yang berproduksi, namun kata dia, ketergantungan Indonesia terhadap minyak impor juga masih besar. Untuk itulah kata Bambang, efesiensi menekan konsumsi BBM subsidi harus benar-benar dijaga. Karena bila tidak, pengaruhnya pada beban subsidi.

JAKARTA — Melambungnya harga minyak dunia membuat Kementrian Keuangan semakin tertekan. Di lain pihak, konsumsi BBM premium terus mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close