Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga Nikel Terus Terpuruk

Rabu, 18 Februari 2009 – 15:50 WIB
Harga Nikel Terus Terpuruk - JPNN.COM
JAKARTA - Krisis global yang menyerang perekonomian di banyak negara juga telah mengakibatkan harga jual nikel ikut terperosok. Di Indonesia saja, harga jual nikel saat ini turun drastis jika dibanding tahun 2007.

Dirut PT Aneka Tambang Tbk, Alwin Syah Loebis, menyatakan bahwa saat ini harga nikel yang beredar di pasaran berkisar antara US $ 5 per pound. "Pada tahun ini kami mengakui bahwa harga nikel di pasaran saat ini anjlok sekitar 65 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2007. Pada tahun 2007 harga nikel sekitar US $ 15 per pound, sementara saat ini hanya sekitar US $ 5,2 per pound," ungkap Alwin dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi VII DPR RI, Rabu (18/2).

Alwin menambahkan, anjloknya harga nikel juga telah menyebabkan banyaknya proyek yang terhenti. "Kita  telah kehilangan saru partner, yakni BHP Billiton. BHP Billiton sendiri sudah melakukan PHK kepada 6000 karyawannya," ujar dia.

Karenanya Alwin memperkirakan harga nikel akan tetap rendah hingga 2011. "Estimasi harga nikel pada tahun 2009 ini, yakni sebesar US $ 5,5 per pound. Tetapi harga nikel diperkirakan masih akan rendah hingga tahun 2011," lanjutnya.

JAKARTA - Krisis global yang menyerang perekonomian di banyak negara juga telah mengakibatkan harga jual nikel ikut terperosok. Di Indonesia saja,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA