Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Terus Naik, Petani Full Senyum

Selasa, 02 April 2024 – 15:09 WIB
Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Terus Naik, Petani Full Senyum - JPNN.COM
Kelapa sawit. Ilustrasi. Foto Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi para petani kelapa sawit di Riau. Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengalami kenaikan untuk periode 3-23 April 2024.

Berdasarkan hasil rapat penetapan harga TBS kelapa sawit periode ke-12 tahun 2024, harga TBS untuk kelompok umur 9 tahun mengalami kenaikan tertinggi, yaitu sebesar Rp 26,41 per kilogram atau 0,91 persen dari harga minggu lalu.

Dengan demikian, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp 2.918,28 per kilogram.

Kenaikan ini berlaku untuk periode satu minggu ke depan, dan harga cangkang berlaku untuk satu bulan ke depan dengan harga Rp 25,94 per kilogram.

"Kenaikan harga TBS sawit minggu ini lebih disebabkan oleh faktor naiknya harga CPO dan kernel," kata Kabid Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja Selasa (2/4).

Lebih lanjut, Defris menjelaskan bahwa dalam penetapan harga TBS, Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu melakukan perbaikan tata kelola agar penetapan harga ini sesuai dengan regulasi dan berkeadilan untuk kedua belah pihak yang bermitra.

"Membaiknya tata kelola penetapan harga ini merupakan upaya yang serius dari seluruh stakeholder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau," imbuh Defris. (mcr36/jpnn)

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengalami kenaikan untuk periode 3-23 April 2024.

Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close