Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Ini hingga Besok 17 Wilayah Diminta Waspada, Berikut Peringatan Dini BMKG

Minggu, 13 Juni 2021 – 18:39 WIB
Hari Ini hingga Besok 17 Wilayah Diminta Waspada, Berikut Peringatan Dini BMKG - JPNN.COM
Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Syamsudin Noor Banjarmasin Adhitya Prakoso menyampaikan hujan lebat itu berpotensi memicu banjir atau bandang. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANJAR BARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di sejumlah lokasi di Indonesia.

"Ada 17 provinsi berstatus waspada terhadap cuaca ekstrem, sehingga masyarakat patut berhati-hati terutama beraktivitas di luar ketika hujan terjadi," ucap Adhitya di Banjarbaru, Minggu (13/6).

Dia memerinci daerah yang masuk kategori waspada cuaca ekstrem tersebut yaitu Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Menurut Syamsudin, khusus untuk Kalimantan Selatan terdapat daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah tersebut.

"Didukung oleh labilitas lokal yang kuat berpotensi menumbuhkan banyak awan," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, nilai kelembapan udara atas yang tinggi di sekitar wilayah Kalsel juga semakin mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

"Hal itu berpotensi menghasilkan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Adhitya.

Oleh karena itu, kata dia lagi, bagi masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap dampak hujan yang dapat menyebabkan jalanan licin dan tergenang serta pohon tumbang serta sambaran petir.

Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Syamsudin Noor Banjarmasin Adhitya Prakoso menyampaikan hujan lebat itu berpotensi memicu banjir atau bandang di 17 wilayah di Indonesia pada Minggu hingga Senin (14/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close