Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Kedua, 2.428 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Tanpa Karantina 

Sabtu, 16 Juli 2022 – 23:21 WIB
Hari Kedua, 2.428 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Tanpa Karantina  - JPNN.COM
Kepulangan jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Pati di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (15/7) malam. Foto: Desty Luthfiani/GenPI.co

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mencatat, hingga hari ini, Sabtu (16/7/2022), jumlah jemaah haji yang tiba di tanah air pada gelombang pertama sebanyak 2.705 orang.

Menurut Plh Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Wawan Djunaedi, hari ini juga akan dipulangkan jemaah haji Indonesia sebanyak 2.428 orang.

"Jadi, total jemaahnya 5.133 orang," kata Wawan Djunaedi di Jakarta, Sabtu (16/7).

Wawan menyampaikan bahwa jemaah haji tersebut tergabung dalam enam kloter dan tiba di empat debarkasi, dengan rincian. Dua kloter tiba di debarkasi Jakarta - Pondok Gede/JKG (780 orang). 

Satu kloter di Debarkasi Padang/PDG (391 orang). Satu kloter di Debarkasi Solo/SOC (359 orang). Dan, dua kloter di Debarkasi Surabaya/SUB (898 orang).

Terkait jemaah sakit, Wawan menjelaskan bahwa ada 112 jemaah yang dirawat.

Perinciannya, sebanyak  30 orang dirawat di RS Arab Saudi, dan 82 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah. Jemaah wafat sebanyak 52 orang.

Dia memaparkan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan akan melakukan pemantauan kesehatan kepada setiap jemaah yang tiba di tanah air. Jemaah akan dicek suhu badan menggunakan thermal scanner dan thermal gun di Bandara Internasional Debarkasi masing-masing. 

Kemenag akan memulangkan sebanyak 2.428 jemaah haji pada gelombang kedua, mereka tidak dikarantina lagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close